Frequently Asked Questions
#07Dosen - Activity dan Resource
Setelah mengedit section, kita bisa menambahkan activity dan resource pada setiap section.
Setelah mode editing di aktifkan maka akan muncul tombol edit dan add activity or resource. Klik pada add activity or resource

Kemudian akan muncul daftar activity

dan daftar resource yang bisa ditambahkan

Setelah mode editing di aktifkan maka akan muncul tombol edit dan add activity or resource. Klik pada add activity or resource
Kemudian akan muncul daftar activity
No | Activity | Fungsi |
1 | Assignment | Modul kegiatan tugas memungkinkan seorang fasilitator untuk mengkomunikasikan tugas, mengumpulkan pekerjaan dan memberikan nilai dan umpan balik. Mahasiswa dapat mengirimkan konten digital apa pun (file), seperti dokumen yang diolah kata, spreadsheet, gambar, atau klip audio dan video. Atau, atau sebagai tambahan, tugas mungkin mengharuskan mahasiswa untuk mengetik teks langsung ke editor teks. Sebuah tugas juga dapat digunakan untuk mengingatkan mahasiswa tentang tugas 'dunia nyata' yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan offline, seperti karya seni, dan dengan demikian tidak memerlukan konten digital. Mahasiswa dapat mengirimkan pekerjaan secara individu atau sebagai anggota kelompok. |
2 | Attendance | Modul aktivitas kehadiran memungkinkan seorang fasilitator untuk mengambil kehadiran selama kelas dan mahasiswa untuk melihat catatan kehadiran mereka sendiri. Fasilitator dapat membuat beberapa sesi dan dapat menandai status kehadiran sebagai "Hadir", "Absen", "Terlambat", atau "Diminta" atau mengubah status agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Laporan tersedia untuk seluruh kelas atau mahasiswa secara individu. |
3 | Certificate | Modul ini memungkinkan pembuatan sertifikat dinamis berdasarkan kondisi yang telah ditentukan oleh fasilitator. |
4 | Chat | Modul kegiatan obrolan memungkinkan peserta untuk berdiskusi secara sinkron waktu nyata berbasis teks. Obrolan dapat berupa aktivitas satu kali atau dapat diulang pada waktu yang sama setiap hari atau setiap minggu. Sesi obrolan disimpan dan dapat dibuat tersedia untuk semua orang untuk melihat atau dibatasi untuk pengguna dengan kemampuan untuk melihat log sesi obrolan. Obrolan sangat berguna ketika obrolan grup tidak dapat bertemu langsung, seperti
|
5 | Choice | Modul kegiatan pilihan memungkinkan seorang fasilitator untuk mengajukan satu pertanyaan dan menawarkan pilihan tanggapan yang memungkinkan. Hasil pilihan dapat dipublikasikan setelah mahasiswa menjawab, setelah tanggal tertentu, atau tidak sama sekali. Hasil dapat dipublikasikan dengan nama mahasiswa atau secara anonim. Kegiatan pilihan dapat digunakan
|
6 | Forum | Modul aktivitas forum memungkinkan peserta untuk melakukan diskusi asinkron, yaitu diskusi yang berlangsung selama periode waktu yang panjang. Ada beberapa jenis forum untuk dipilih, seperti forum standar di mana setiap orang dapat memulai diskusi baru kapan saja; sebuah forum di mana setiap siswa dapat memposting satu diskusi; atau forum tanya jawab tempat siswa harus memposting terlebih dahulu sebelum dapat melihat posting siswa lain. Seorang guru dapat mengizinkan file untuk dilampirkan ke posting forum. Gambar terlampir ditampilkan di posting forum. Peserta dapat berlangganan forum untuk menerima pemberitahuan posting forum baru. Seorang guru dapat mengatur mode berlangganan ke opsional, paksa atau otomatis, atau mencegah berlangganan sepenuhnya. Jika diperlukan, siswa dapat diblokir dari memposting lebih dari jumlah posting yang diberikan dalam periode waktu tertentu; ini dapat mencegah individu mendominasi diskusi. Posting forum dapat dinilai oleh guru atau siswa (evaluasi sejawat). Peringkat dapat dikumpulkan untuk membentuk nilai akhir yang dicatat dalam buku angka. Forum memiliki banyak kegunaan, seperti
|
7 | Glossary | Modul aktivitas glosarium memungkinkan peserta untuk membuat dan memelihara daftar definisi, seperti kamus, atau untuk mengumpulkan dan mengatur sumber daya atau informasi. Seorang guru dapat mengizinkan file untuk dilampirkan ke entri glosarium. Gambar terlampir ditampilkan dalam entri. Entri dapat dicari atau dilihat berdasarkan abjad atau berdasarkan kategori, tanggal atau penulis. Entri dapat disetujui secara default atau memerlukan persetujuan oleh guru sebelum dapat dilihat oleh semua orang. Jika filter tautan otomatis glosari diaktifkan, entri akan secara otomatis ditautkan di mana kata konsep dan / atau frasa muncul dalam kursus. Seorang guru dapat mengizinkan komentar pada entri. Entri juga dapat dinilai oleh guru atau siswa (evaluasi sejawat). Peringkat dapat dikumpulkan untuk membentuk nilai akhir yang dicatat dalam buku angka. Glosarium memiliki banyak kegunaan, seperti
|
8 | Quiz | Kegiatan kuis memungkinkan guru untuk membuat kuis yang terdiri dari berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda, pencocokan, jawaban pendek, dan numerik. Guru dapat membiarkan kuis dicoba beberapa kali, dengan pertanyaan-pertanyaan diacak atau dipilih secara acak dari bank soal. Batas waktu dapat ditetapkan. Setiap upaya ditandai secara otomatis, dengan pengecualian pertanyaan esai, dan nilainya dicatat dalam buku angka. Guru dapat memilih kapan dan jika petunjuk, umpan balik, dan jawaban yang benar ditunjukkan kepada siswa. Kuis dapat digunakan
|
9 | Survey | Modul kegiatan survei menyediakan sejumlah instrumen survei terverifikasi yang bermanfaat dalam menilai dan merangsang pembelajaran di lingkungan online. Seorang guru dapat menggunakan ini untuk mengumpulkan data dari siswa mereka yang akan membantu mereka belajar tentang kelas mereka dan merefleksikan pengajaran mereka sendiri. Perhatikan bahwa alat survei ini sudah diisi sebelumnya dengan pertanyaan. Guru yang ingin membuat survei mereka sendiri harus menggunakan modul kegiatan umpan balik. |
10 | Webex Meeting | Aktivitas Rapat WebEx memungkinkan instruktur menjadwalkan pertemuan ke dalam sistem konferensi web WebEx *. Saat Anda menambahkan aktivitas Rapat WebEx, Anda menentukan tanggal dan waktu rapat, serta sejumlah parameter opsional lainnya (seperti durasi yang diharapkan, deskripsi, dll.). Peserta (siswa yang terdaftar) kemudian dapat memasuki pertemuan WebEx dengan mengeklik tautan "ikut rapat" di bawah aktivitas di Moodle (guru akan melihat tautan yang bertuliskan "rapat tuan rumah"). Jika pertemuan direkam, siswa akan dapat melihat rekaman setelah pertemuan selesai. WebEx adalah sistem konferensi web yang memungkinkan siswa dan guru bekerja sama secara sinkron. Ini mentransmisikan audio dan video real-time, dan termasuk alat-alat seperti papan tulis, obrolan, dan berbagi desktop. |
dan daftar resource yang bisa ditambahkan
No | Resource | Fungsi |
1 | Book | Modul buku memungkinkan guru untuk membuat sumber daya multi-halaman dalam format seperti buku, dengan bab dan sub bab. Buku dapat berisi file media serta teks dan berguna untuk menampilkan bagian informasi yang panjang yang dapat dipecah menjadi beberapa bagian. Sebuah buku dapat digunakan
|
2 | File | Modul file memungkinkan guru untuk menyediakan file sebagai sumber kursus. Jika memungkinkan, file akan ditampilkan dalam antarmuka kursus; jika tidak, siswa akan diminta untuk mengunduhnya. File dapat menyertakan file pendukung, misalnya halaman HTML mungkin memiliki gambar yang tertanam atau objek Flash. Perhatikan bahwa siswa perlu memiliki perangkat lunak yang sesuai di komputer mereka untuk membuka file. File dapat digunakan
|
3 | Folder | Modul folder memungkinkan seorang guru untuk menampilkan sejumlah file terkait di dalam satu folder, mengurangi pengguliran pada halaman kursus. Folder yang di-zip dapat diunggah dan di-unzip untuk ditampilkan, atau folder kosong dibuat dan file diunggah ke dalamnya. Folder dapat digunakan
|
4 | Label | Modul label memungkinkan teks dan multimedia untuk dimasukkan ke halaman kursus di antara tautan ke sumber daya dan aktivitas lain. Label sangat fleksibel dan dapat membantu meningkatkan penampilan kursus jika digunakan dengan bijaksana. Label dapat digunakan
|
5 | Page | Modul halaman memungkinkan seorang guru untuk membuat sumber daya halaman web menggunakan editor teks. Halaman dapat menampilkan teks, gambar, suara, video, tautan web dan kode yang disematkan, seperti Google maps. Keuntungan menggunakan modul halaman daripada modul file termasuk sumber daya yang lebih mudah diakses (misalnya untuk pengguna perangkat seluler) dan lebih mudah untuk memperbarui. Untuk konten dalam jumlah besar, disarankan menggunakan buku daripada halaman. Halaman dapat digunakan
|
6 | URL | Modul URL memungkinkan seorang guru untuk menyediakan tautan web sebagai sumber daya kursus. Apa pun yang tersedia secara online secara gratis, seperti dokumen atau gambar, dapat ditautkan ke; URL tidak harus menjadi beranda situs web. URL halaman web tertentu dapat disalin dan ditempelkan atau seorang guru dapat menggunakan pemilih file dan memilih tautan dari repositori seperti Flickr, YouTube atau Wikimedia (tergantung pada repositori yang diaktifkan untuk situs). Ada sejumlah opsi tampilan untuk URL, seperti disematkan atau dibuka di jendela baru dan opsi lanjutan untuk menyampaikan informasi, seperti nama siswa, ke URL jika diperlukan. Perhatikan bahwa URL juga dapat ditambahkan ke sumber daya atau jenis aktivitas lain melalui editor teks. |
Last Updated 7 years ago